Tips Packing Barang Berdasarkan Jenisnya Agar Keamanan Terjaga

Tips Packing Barang Berdasarkan Jenisnya Agar Keamanan Terjaga

Dulu saat tidak ada ekspedisi untuk mengirim paket sangat sulit ya. Tapi sekarang, dengan banyaknya ekspedisi pengiriman barang semua kegiatan kirim barang bisa dilakukan dengan mudah. Meskipun demikian, bukan berarti Anda hanya perlu membawa barang yang Anda kirimkan langsung ke ekspedisi atau meminta pihak mereka untuk menjemput barang. Anda sebagai pengirim barang perlu memahami bagaimana untuk packing barang agar barang yang dikirimkan sampai alamat tujuan dengan aman.

Packing barang merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, terutama apabila barang tersebut merupakan barang yang mudah pecah. Juga tujuan pengiriman yang cukup jauh. Wajib bagi Anda untuk melakukan packing dengan benar dan baik. Tujuannya agar barang yang dikirimkan tidak rusak sekalipun tujuan pengiriman barang adalah luar daerah yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Bagaimana Packing Barang Yang Benar?

blank

Packing yang benar agar barang sampai alamat tujuan dengan aman bisa dilakukan dengan benar sesuai dengan jenis barang yang dikirimkan. Karena berbeda jenis barang tentu saja berbeda cara untuk packingnya. Untuk memudahkan Anda berikut tips packing barang yang tepat :

Kenali Karakteristik Barang Yang Dikirim

Karakteristik barang maksudnya bahan dari barang itu sendiri. Apakah berbahan kaca, plastik, kain atau lainnya. Misalnya untuk bahan kain, tentu saja lebih mudah untuk packingnya. Tapi untuk bahan yang pecah belah, lebih baik cara packingnya dilakukan dengan hati-hati.

Anda bisa baca : Cara Packing Barang Pecah Belah

Pilihlah Bahan Dasar Packing Sesuai Jenis Barang

Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk packing. Namun harus mengetahui karakteristik dari barang yang dikirim terlebih dahulu. Berikut beberapa bahan yang digunakan :

  1. Amplop : Anda bisa gunakan amplop sebagai wadah untuk mengirimkan surat atau dokumen lain. Anda juga bisa gunakan map sebagai pelengkap.
  2. Kardus : bahan ini bisa digunakan untuk packing barang universal. Mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Kita juga bisa memotongnya disesuaikan dengan jenis barang yang dikirimkan.
  3. Plastik : Bila Anda akan mengirimkan barang yang tidak mudah rusak, misalnya seperti baju, maka packing bisa menggunakan plastik.

Berikan Tambahan Bahan Packing untuk Keamanan

Khusus untuk barang mudah rusak, tidak cukup untuk menggunakan kardus maupun plastik, namun harus juga ada tambahan keamanan. Seperti bubble wrap, styrofoam, dan kayu. Dengan keamanan yang baik, tentu resiko terjadinya kerusakan akan lebih kecil.

Tuliskan Alamat Dengan Jelas, Dan Tempel Di Tempat Yang Mudah Terlihat

Kesalahan saat pengiriman barang adalah menulis alamat di tempat yang sulit terlihat. Padahal, agar tidak salah dalam pengiriman lebih baik tuliskan alamat dengan jelas. Ini berakibat pada alamat yang tidak jelas bahkan hilang saat perjalanan. Mungkin bisa gunakan kertas putih dan selotip bening untuk mengantisipasinya.

Packing Dengan Rapi

Meskipun packing nantinya akan di buka, namun keamanan saat perjalanan lebih penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kejadian hal yang merugikan terjadi. Antisipasi semua barang yang dikirimkan dengan packingan yang rapi. Kalau bisa justru Anda mempersiapkan packingan sesuai jenis barang yang dikirimkan.

Itulah hal yang perlu Anda perhatikan untuk packing barang berdasarkan jenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang